A.KONSEP DASAR PENGELOLAAN KELAS
Menurut “ LOIS V Jonson “ dan “Maria bani” (class room menejement) yang di ikhtibarkan oleh DR. Made Pidarta (1970).
1. Pengelolaan kelas di tinjau dari konsep lama adalah mempertahankan ketertiban kelas
2. Pengelolaan kelas di tinjau dari konsep moderen adalah proses
seleksi dan penggunaan alat –alat yang tepat terhadap problem dan
situasi kelas
3. Konsep dasar pengelolaan kelas sangat
perlu dan penting dipahami oleh seorang pendidik karena konsep dasar
pengelolaan kelas berperan penting dalam menciptakan suasana kelas yang
konduksif.
B.TUJUAN PENGELOLAAN KELAS
Secara umum tujuan pengelolaan kelas adalah penyediaan fasilitas bagi
bermacam –macam kegiatan belajar siswa dalam lingkungan social .
Suharsimi Arikunto ,(1988:68) berpendapat bahwa bertujuan pengelolaan
adalah agar setiap anak dikelas padat bekerja dengan tertib sehingga
segera tercapai tujuan pengajaran secara efektif dan efisien tujuan
pengelolaan kelas pada hakikatnya telah terkandung dalam tujuan
pendidikan sebagai guru kita harus sadar tanpa mengelola kelas dengan
baik maka akan menghambat kegiatan belajar mengajar.
C. PENEGRTIAN PENGELOLAAN KELAS
Pengelolaan kelas berdiri dari dua kata yaitu : pengelolaan dan kelas
Kata Pengelolaan adalah berasal dari kata “kelola” ditambah awalan
“pe dan an”. Istilah lain dari pengelolaan kelas menagemen yang
berarti tata pimpinan pengelolan.
Sedangakan kelas menurut ‘’ UMAR HAMALIK (1987;311)’’ adalah kelompok
orang yang melakukan kegiatan belajar bersama yang dapat pengajaran dari
guru . “SUHARSIMI ARIKUNTO” berpendapat bahwa pengelolaan kelas adalah
suatu usaha yang dilakukan oleh penanggung jawab kegiatan belajar
mengajar / yang membantu dengan maksud agar di capai kondisi yang
optimal sehingga dapat terlaksana kegiatan belajarsiswa dapat berjalan
dengan lancar dan terciptanya kondisi belajar yang optimal untuk
berlangsungnya kegiatan belajar siswa.
D. BERBAGAI PANDANGAN TENTANG PENGELOLAAN KELAS
Arti pengelolaan kelas dapat ditinjau dari beberapa pandangan :
1. Pandangan otoriter bahwa pengelolaan kelas sebagai proses
mengontrol tingkah laku siswa atau seperangkat kegiatan guru untuk
mempertahankan ketrtiban kelas.
2. Pandangan permisif bahwa pengelolaan kelas adalah seperangkat kegiatan guru untuk memaksudkan kebebasan siswa.
3. Pandangan behavarior modivikation adalah seperangkat kegiatan guru
untuk mengubah tingkah laku siswa. (proses pengubahan tingkah laku)
kearah positif.
4. Pandangan proses kelompok, bahwa pengelolaan keles adalah
seperangkat kegiatan guru untuk menambahkan organisasi kelas yang
efektif.
E.KONSEP OPERASIONAL PENGELOLAAN KELAS
Agar tercipta suasana belajar yang menggairahkan. Perlu diperhatikan
pengaturan ruang kelas belajar penyusunan dan pengaturan ruang belajar
hendaknya memungkinkan anak duduk berkelompok dan memudahkan guru
bergerak secara leluasa untuk membantu siswa dalam belajar.
Dalam pengaturan ruang belajar, ada beberapa hal yang peerlu diperhatikan:
a. Ukuran dan bentuk kelas
b. Bentuk serta ukuran bangku dan meja siswa
c. Jumlah siswa dalam kelas
d. Jumlah siswa dalam setiap kelompok
Komposisi siswa dalam kelompok (seperti siswa yang kurang pandai dan yang pandai, pria dan wanita).
F. PRINSIP PENDEKATAN DALAM PENGELOLAAN KELAS
Sebagai pekerja professional seorang guru harus mendalami kerangka acuan
pendekatan kelas,sebab di dalam penggunaannya ia harus terlebih dulu
meyakinkan bahwa pendekatan yang di pilihnya untuk menangani suatu kasus
pengelolaaan kelas merupakan alternative yang terbaiksesuai dengan
hakikat masalahnya.
Berbagai pendekatan yang guru lakukandalam rangka pengelolaan kelas :
1. Pendekatan kekuasaan
Pengelolaan kelas diartikan sebagai suatu proses untuk mengontrol
tingkah laku anak didik peranan guru disini adalah menciptakan dan
mempertahankan situasi disiplindalam kelas.
2. Pendekatan ancaman
Dari pendekatan ancaman ini pengelolaan kelas adalah juga sebagai suatu proses dalam mengontrol tingkah laku anak didik
3. Pendekatan pengajaran
Pendekatan ini di dasarkan atas suatu tanggapan bahwa suatu
perencanaandan pelaksanaan akan mencegah munculnya masalah tingkah laku
anak didik.
4. Pendekatan perubahan tingkah laku
a. Semua tingkah laku yang baik dan yang kurang baik merupakan hasil proses belajar.
b. Di dalam prosees belajar terdapat proses psikologis yang tanda mental berupa penguatan positif.
Dalam rangka memperkecil masalah gangguan oleh pengelolaan kelas,
prinsip – prinsip pengelolaan kelas dapat dipergunakan . maka adalah
penting bagi guru untuk mengetahui dan menguasai prinsip – prinsip
pengelolaan kelas yang akaan diuraikan sebagai berikut:
1. Hangat dan antusiasi
Hangat dan antusiasi sangat diperlukan dalam proses belajar mengajar.
2. Tantangan
Penggunaan kata –kata Tanya atau bahan – bahan yang menantang akan meningkatkan gairah anak didik untuk belajar.
3. Penanaman disiplin diri
Tujuan akhir dari pengelolaan kelas adalah anak didik dapat mengembangkan disiplin diri sendri.
Home » Umum » Pengelolaan Kelas
Thursday, 6 December 2012
Pengelolaan Kelas
lainnya dari Umum
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 komentar:
Post a Comment